Machrul Falak, H. ST

Sebagai Organisasi Pencinta Alam modern, KPA Cekakpala mencoba untuk menjalin silaturahmi dan relasi dengan segenap komponen “wakil rakyat” yang berada di Kota Bekasi. Hal ini bertujuan untuk melatih anggota untuk bersikap, dan membiasakan melakukan komunikasi efektif serta sebagai pencerminan nyata norma sosial serta inisiatif strategis yang tertuang dalam Misi Organisasi KPA Cekakpala.

Salah satu Pejabat Bekasi yang mendapat perhatian khusus kami ialah Machrul Falak Hermansyah ST, selaku Anggota Komisi DPRD Pemerintahan Kota Bekasi. Salah satu ciri khas Pemimpin Modern yang tercermin dari bang Falak (panggilan akrabnya) ialah acap kali kerap langsung terjun menemui masyarakat dalam menanggulangi permasalahan sesuai dengan Tupoksinya di Pemerintahan.

Menjadi orang sukses tentunya tidak mudah, Kita perlu melakukan usaha yang keras agar keinginan dapat terwujud. Kita memerlukan modal dasar yaitu hard skill dan soft skill.

Hard skill yaitu kemampuan teknis yang ada pada seseorang melalui Pelatihan dan Pendidikan. Sedangkan untuk Soft skill sendiri merupakan kemampuan sesorang dalam mengontrol dirinya sendiri dan orang lain.

Hal pokok Soft skill yang wajib kita milki salah satunya yaitu mampu beradaptasi dengan lingkungan. Dalam rubik tokoh inspiratif kali ini, mari kita bahas kiat – kiat sukses dari Machrul Falak Hermasyah ST.

  1. TETAPKAN SASARAN & BUAT RENCANA TINDAKAN

“Agar sasaran itu bukan sekadar khayalan, Anda mesti menetapkannya dengan mengikuti Kriteria Smart yaitu : Spesific (spesifik tujuannya), Measurable (dapat diukur), Achievable (dapat dicapai), Relevant (sesuai dengan sumberdaya kita), dan Time bound (harus ada tenggat waktunya)” Ujar Bang Falak memparkan pada tim redaksi.

Lebih lanjut Bang Falak berujar bahwa “Sasaran SMART memberikan gambaran kepada Anda mengenai apa yang akan diraih. Gambaran itu semakin jelas jika Anda membuat peta (rencana tindakan) meraih sasaran tersebut”. Bagaimana membuat rencana tindakan? “Gampang. Yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi dan menulis langkah-langkah menuju sasaran tersebut”. Ujarnya

Bang Machrul Falak Hermansyah saat hadiri kegiatan donor darah masyarakat bekasi. sumber gambar : http://suaralira.com

   2. SEGERA BERTINDAK DAN BERANI KELUAR DARI ZONA NYAMAN

Bagaimana caranya bertindak? “Masukkan rencana tindakan dalam to-do list harian Anda. Tempatkan tujuan sebagai prioritas pertama, mengalahkan tugas – tugas Anda yang lain”. Bagaimana kalau malas datang menerjang? “Itu biasa, Yang tidak biasa adalah jika Anda membiarkan rasa malas tersebut menghentikan langkah Anda. Untuk mengatasi rasa malas, mulailah sedikit demi sedikit,” jelasnya.

“Bagaimana sekarang saya bisa menekuni bidang politik? itu tidak lain tidak bukan karena keputusan saya untuk keluar dari Zona Nyaman, karena waktu itu saya sudah diterima kerja di salah satu Perusahaan Oil & Gas terkemuka yang ada di Indonesia, namun berani putar arah kemudi dengan metode SMART tadi. Mengingat memang basic pendidikan saya adalah seorang Sarjana Teknik,” pungkasnya.

  3. PELAJARI LINGKUNGAN SOSIAL DAN CARI GAYA KEPEMIMPINAN SESUAI PRIBADI DIRI

Sebagai seorang pemimpin, beliau menyadari bahwa tugasnya adalah membawa perubahan dan mengakselerasi kemajuan Organisasi dan Anggotanya. Beliau memaparkan bahwa sebagai seorang pemimpin, kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan sangatlah diperlukan. Namun hal tersebut bukan merupakan hal dasar menjadi pemimpin yang baik.

“Pengambilan keputusan adalah hal terakhir yang dilakukan pemimpin, untuk fase awalnya anda harus terbiasa mengemukakan pendapat atau berbicara didepan banyak orang”, lebih lanjut beliau memparkan “saya dibiasakan orang tua dari usia dini untuk ikut berbagai lomba pidato dan ceramah, Alhamdulillah-nya dari lingkungan pesantren memfasilitasi untuk itu”.

Base on Experienced jauh sebelum saat ini, sewaktu diberikan amanah menjadi Ketua Karang Taruna se-Kecamatan Bekasi Utara dan menjadi Pembina salah satu Komunitas Pencinta Alam di lingkungan rumah, berbicara didepan umum sudah bukan lagi hal yang canggung. Khusus bidang Pencinta Alam, Saya mengilhami betul kode etiknya, karena sangat baik untuk diinterprestasikan dalam kehidupan sehari-sehari.”

Dalam kesehariannya Bang Machrul Falak Hermansyah selalu tampil sederhana dan murah senyum kepada berbagai kalangan masyarakat. sumber foto : http://tentangbekasi.com

  4. LAKUKAN KAJI ULANG & BIASAKAN UNTUK SELALU BERSYUKUR

Dalam setiap proses seyogyanya harus mengukur dan kaji ulang pencapaian kita. “Karena dengan kaji ulang, Anda bisa mengetahui apakah Anda berjalan di jalur yang benar atau sebaliknya. Kaji ulang ini bisa dilakukan secara harian, mingguan, bulanan, atau tiga bulanan. Dari pilihan tersebut, saya merekomendasikan Anda untuk melakukan kaji ulang mingguan. Mengapa? Karena tidak merepotkan dan Anda dapat segera mengetahui pencapaian Anda”.

Hal – hal apa yang menjadi tolak ukur? “Biasanya dari transformasi Attitude diri kita sendiri, baik hubungan Vertikal maupun Horizontal. Kejujuran, Kesabaran, Kedisiplinan merupakan eviden dari progres hubungan kita dengan Tuhan (Horizontal). Lain hal nya dengan Kesopanan, Kesederhanaan, Keadilan itu dapat diraih jika kita dapat menjadi “Palu Gada” bagi Lingkungan Sosial (Vertikal)” pungkasnya.

Beliau memaparkan manfaat jika kita senantiasa bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas limpahan nikmat dan keberkahaannya, walaupun ketika cobaan datang dan rintangan menghadang, “Jadi memang banyak orang yang salah kaprah bersyukur hanya ketika sedang diberikan nikmat dan kemudahan saja, justru Integritas kita diuji ketika harus survive dalam menghadapi cobaan”.

“Untuk perwujudan lainnya semisal membahagiakan orang tua, menyumbang masjid, fakir misikin dan anak yatim. Contoh di KPA Cekakpala misalnya, sudah memiliki wadah pendidikan Rumah Senja sebagai bimbingan belajar gratis bagi anak – anak kurang mampu hal tersebut perlu didukung eksistensinya sebagai gerakan pemuda/i pencinta alam yang akan melahirkan pribadi sukses di masa depan. Baik untuk Anak Didiknya maupun Pengajarnya.”

 

Kontributor : Oki Ahmadiansyah (CP-008)

Sumber : Bekasiku