Komitmen KPA CEKAKPALA Melahirkan Kader-Kader Berkualitas

Event Pendidikan

Bekasi, Centropala.org – “Tsaaah humba humbaaa Tssaaaah” begitulah sepotong lirik yel-yel yang diteriakan peserta Pendidikan dan Malam Keakraban (DIKRAB) Angkatan V dengan semangat di sela-sela acara. Dengan total 8 peserta, DIKRAB Angkatan V ini diadakan tanggal 8-10 Februari 2019 dengan mengusung tema “Memperkuat Anggota Dalam Berorganisasi Dengan Berlandaskan Kode Etik Pecinta Alam” yang bertempat di Pasirluhur Campsite, Bogor, Jawa Barat.

 

Terlihat tidak berbeda dengan dikrab sebelumnya, seperti Dikrab IV, materi yang diberikan kepada peserta Dikrab Angkatan V memiliki kesamaan yaitu materi dilakukan di sekretariat sendiri, In Class Training (ICT) yang disuguhkan oleh pemateri berpengalaman dari anggota dan pembina KPA CEKAKPALA,  serta praktikum di lapangan. Sekilas seakan tidak ada berbeda dari silabus materi yang telah digodok pada dikrab-dikrab sebelumnya.

 

Namun, perbedaan DIKRAB V  kali ini ada pada sistem dan materi ICT tambahan yang diberikan, dimana semua aktifitas yang dilakukan oleh peserta dinilai dengan seksama oleh para pemateri dan panitia serta adanya tambahan materi Search and Rescue (SAR), Advokasi untuk menambah pengetahuan dan pengalaman peserta dalam melakukan kegiatan organisasi serta simulasi demonstrasi dalam bentuk kecintaan peserta kepada organisasi dan bangsa.

 

Selain itu, perbedaan lain dari bentuk ICT yang dilakukan adalah dengan ditemaninya pemateri oleh moderator yang memberikan sambutan pembukaan dan penutupan saat ICT. ICT sendiri dilaksanakan pada tanggal 2 & 3 Februari 2019 sebagai bentuk pembekalan untuk peserta saat melakukan materi lapangan. Mulai dari materi Navigasi Darat yang dibawakan oleh M. Khusyeri selaku anggota Informasi dan Komunikasi (Inforkom) Cekakpala yang menjelaskan bagaimana cara membaca peta dan men-sinkronkan dengan lokasi sebenarnya serta menentukan titik koordinat ataupun mencari titik koordinat, dengan cara yang paling kuno menggunakan peta, kompas dan busur. Lain hal dengan Syafrans Maulana selaku Kepala Divisi Sekretariat & Organisasi (SEKOR) Cekakpala yang membawakan materi Kepemimpinan menugaskan setiap peserta untuk mempresentasikan jenis-jenis kepemimpinan yang ada. Dan menghimbau agar peserta bisa mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

 

Sedangkan materi lain yang diberikan kepada peserta ialah Management Perjalanan, Survival, Mountaineering, Overview Cekakpala, K3 (Kebangsaan, Ke-Indonesiaan dan Kode Etik) dan Advokasi serta Jurnalistik Alam dan Teknik Penulisan Travelling yang juga diberikan untuk menambah skill-skill dan nilai-nilai pengetahuan dari tiap peserta.

 

 

“Cekakpala bukan sebatas Organisasi Pecinta Alam, Cekakpala adalah Organisasi pengembangan karakter, fokus dan yakin dalam kondisi apapun. Itulah kader-kader Cekakpala” ujar Faris Ismu Amir selaku Master of Dikrab (MoD) V.

 

Pendidikan dasar kali ini di konsep dan dibuat secara rapi dan menarik oleh MoD dengan harapan menciptakan sebuah sistem pendidikan dasar yang tidak hanya bicara tentang tradisi tapi untuk mengasah kemampuan serta mempersiapkan kader-kader yang berkualitas yang siap untuk ambil bagian di dalam organisasi dan masyarakat. Penilaian yang obyektif diberikan kepada peserta dari materi-materi yang diterima, ada 3 (tiga) yang dijadikan penilaian, yaitu kedisiplinan, kepemimpinan, dan daya tangkap peserta dalam aplikasi materi.

 

Dengan dilaksanakan DIKRAB V, CEKAKPALA berkomitmen melahirkan kader-kader berkualitas dan memperkuat kader dalam berorganisasi yang berlandaskan Kode Etik Pecinta Alam serta menciptakan sistem pelatihan dasar yang lebih baik.

 

“Untuk kedepannya semua peserta dihimbau agar mempersiapkan diri untuk pelaksanaan Dikrab selanjutnya agar terus tercipta sistem-sistem dikrab yang lebih baik dan menarik”, harapan Abdul Rizal selaku Ketua Pelaksana Dikrab V.

 

Kontributor || Chaerunisa Arifin (817-055)

Editor || mo_krs

Media Partner : wartapala.com

Shared Yuk Kakak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *