URC (Unit Reaksi Cepat) CEKAKPALA Bantu Korban Erupsi Anak Gunung Krakatau

Komunitas

Bekasi – Centropala.org, Taukah Anda mengenai Cincin Api Pasifik? Ring Of Fire atau Cincin Api adalah sebutan untuk daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Indonesia adalah salah satu Negara yang masuk dalam Cincin Api Pasifik, karenanya bencana gempa atau letusan gunung berapi merupakan hal yang sering terjadi di Indonesia?

Di penghujung tahun, tanpa peringatan, gelombang tsunami meluluhlantakkan pesisir barat Pulau Jawa dan ujung selatan Pulau Sumatera. Gelombang itu menghantam Sabtu lalu, 22 Desember 2018, sekitar pukul 21.30 WIB.

Tim URC Cekakpala berangkat ke Banten setelah mengumpulkan donasi seadanya dari rekan-rekan maupun dari masyarakat sekitar Bekasi. Dengan mobil milik salah satu anggota Cekapala, pada hari Rabu (26/12) tim URC Cekapala pun berangkat.

Tujuan utama tim URC setelah sampai di Banten adalah pos Pusat Pengendalian dan Operasi (PUSDALOPS) dari berbagai instansi seperti Basarnas, BNPB dan TNI yang berada di Gedung PGRI, Labuan Banten. Di sana tim URC yang dipimpin Kepala Divisi Gunung dan SAR sebagai Korlap (Koordinator Lapangan) melaporkan bahwa tim URC Cekakpala siap bertugas. Dengan dibantu koordinasi dari BPBD Kota Bekasi, kami bergerak ke Terminal Torogong Labuan untuk membantu tim peralatan BNPB.

Kamis (27/12) pukul 08.00 briefing di mulai di Gedung PGRI sekaligus pendataan ulang para relawan yang ada atau terdaftar di Pos Labuan. Sebelum melanjutkan tugas tim URC Cekakpala menyempatkan dating ke Gedung KPRI Labuan untuk menyerahkan sejumlah donasi yang telah terkumpul kepada Dinas Sosial Banten.

Mulai pukul 10.00 peralatan yang berupa tenda pengungsian datang dari Kantor Pusat BNPB di Jakarta menuju Pos Terminal Torogong Labuan. Beberapa jam kemudian datang juga logistic bantuan dari berbagai instansi yang disimpan di Pos Terminal Torogong.

Menjelang sore, Tim URC Cekakpala serta Tim dari BNPB Pusat mendapat permohonan pemasangan tenda Pengungsian di Kecamatan Panimbang.

Hingga Tim URC Cekapala pergi pada hari Jumat (28/12), 430 orang dinyatakan meninggal dunia, 159 lainnya hilang, hampir 1.500 orang terluka, sementara hampir 22 ribu warga mengungsi.

 

Kontributor || Wildan Azizi Rivai (817-032)

Editor || Bayu Tri A. (817-029)

Shared Yuk Kakak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *