Ssst… Ada Spot Wisata Alam Baru di Bogor

Komunitas Pendidikan

Bekasi – Centropala.org, Siapa sangka lokasi bekas penambangan pasir yang sudah lama tidak digunakan, justru menjadi alternatif wisata alam di kawasan Bogor.

Danau Quarry yang berlokasi di Kampung Nunggaherang, Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor itu menyuguhkan pemandangan indah dan  mendadak ngehits di kalangan anak muda pecinta travelling dan teman – teman komunitas pecinta alam.

Danau Quarry rupanya populer di sejumlah media sosial. Tak sedikit netizen yang memamerkan keindahan danau tersebut lewat foto yang diunggahnya di facebook, twitter dan instagram. Danau yang dikelilingi tebing tinggi, membuat keindahannya semakin terlihat menawan.

Kawasan wisata alam di wilayah Bogor, Jawa Barat memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Danau Quarry, danau air tawar yang merupakan bekas pertambangan batu. Berlokasi di Kampung Nunggaherang, Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Untuk mencapai kawasan ini, wisatawan bisa melalui Pasar Parung atau Pertigaan Semplak Bogor, menuju kearah Rumpin atau Parung Panjang dengan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Jalan yang kurang bagus dan terjal memang memaksa wisatawan harus berhati-hati. Terlebih banyak kendaraan muatan besar pengangkut pasir dan batu yang melintas.

Landscape keindahan Danau Quarry, Bogor 

Danau air tawar yang merupakan bekas pertambangan pemecah batu ini dahulu dikelola oleh PT. Jayamix Readymix untuk pembuatan beton. Namun daerah ini sudah lama tidak digunakan karena getaran yang dihasilkan terlalu tinggi dan mengganggu rumah warga sekitar.

Karena sudah tidak dipergunakan lagi, akhirnya wilayah ini terisi penuh dengan air hujan yang menghasilkan sebuah genangan air yang luas berwarna hijau.

Kawasan Danau Quarry kini dikelola oleh warga sekitar dengan nama kepemudaan kampung Nunggaherang. Biaya untuk memasuki kawasan ini dikenakan biaya Rp. 2.000-,/orang dan biaya parkir Rp.10.000-,.

Warna air yang hijau yang disertai dengan tebing yang cukup tinggi menambah keindahan danau berumur puluhan tahun ini. Sayangnya, danau ini tidak diperkenankan untuk berenang dan menaiki tebing, dikarenakan danau yang sangat dalam dan tebing yang rawan longsor.

Belum “Boomingnya” Danau Quarry menjadi keuntungan tersendiri bagi para Pecinta Alam

Meski awalnya hanya bekas penambangan yang dibiarkan, alam sendiri yang membuat danau itu jadi istimewa. Tak heran, banyak muda-mudi yang rela datang ke lokasi ini untuk menikmati setiap spotnya yang dianggap kekinian.

“Menurut Kepala Desa (Kades) Cigudeg Acep Sajidin, danau itu hanya terlihat dalam foto. Aslinya justru kurang terawat. Ia mengaku tidak mempersalahkan jika ada masyarakat yang mengelola tempat tersebut”. Sebagai penikmat alam sudah sepatutnya kita menjaga kebersihan dari sampah, dan mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola wisata. Seyogyanya kawasan tersebut mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintahan terkait.

 

Kontributor : Sandra Septiani (817-019)

Editor : Bayu Tri A.

Sumber dokumentasi : tribunnews.com

 

Shared Yuk Kakak 🙂

2 thoughts on “Ssst… Ada Spot Wisata Alam Baru di Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *